Pelindo III Gelar Workshop Kehumasan

Pelindo III Gelar Workshop Kehumasan Banjarmasin, BARITO Workshop kehumasan Pelindo III yang kedua kembali digelar. Setidaknya sebanyak 40 peserta dari berbagai pelabuhan cabang dan unit usaha Pelindo III yang tersebar di tujuh provinsi mengikutikegiatan workshop yang diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 30 s.d 31 Agustus 2016 bertempat di Pelabuhan Banjarmasin. Acara serupa sebelumnya diadakan pada Maret 2016 di Pelabuhan Benoa, Bali. Tema workshop kali ini adalah “Peningkatan Kinerja Humas melalui Keterampilan Teknik Penulisan”. Pertemuan humas merupakan agenda yang sangat penting mengingat keberadaan humas di perusahaan memegang peranan penting dalam menyampaikan informasi dan mensinergikan komunikasi antara perusahaan dengan publik. Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heliyanto yang membuka pelatihan sekaligus memberikan sambutan mengungkapkan Pelindo III secara berkesinambungan memberikan pelatihan kepada para humasnya karena mereka mempunyai peranan penting yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi dua arah antara perusahaan dengan stakeholdernya sehingga peranan tersebut turut menentukan sukses atau tidaknya visi, misi dan tujuan bersama perusahaan. “Workshop tentang teknik penulisan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan humas dalam menulis sehingga mampu menyajikan informasi yang layak muat media,” tambah Toto. Hal tersebut juga dilatarbelakangi adanya pengembangan pelabuhan dan peningkatan produktivitas yang dilakukan oleh Pelindo III secara terus menerus dan berjalan secara berkelanjutan. “Berbagai peningkatan operasional efektivitas kinerja di pelabuhan perlu disampaikan ke para pengguna jasa dan masyarakat umumagar turut menggeliatkan bisnis logistik dan pemahaman maritim di Tanah Air,” ujarnya. Selain kinerja bisnis, hubungan baik Pelindo III dengan masyarakat yang terjalin melalui berbagai kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (CSR) juga perlu disampaikan, sehingga publik dapat terus memberikan masukan untuk bentuk penyaluran bantuan yang tepat sasaran. Ini sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance yang selalu diterapkan Pelindo III. Pada pelatihan tersebut, narasumber yang turut memberikan materi diantaranya N.Syamsudin CH dari Akar padi News. Ia menjelaskan bahwa penulisan sebagai media branding perusahaan. “Adanya branding sebagai wadah promosi semakin memudahkan masyarakat untuk mengenal perusahaan,” ujar Syamsudin di sela-sela pelatihan workshop. Tidak hanya itu, seorang pakar teknik penulisan di media, Mardiyah Chamim, dari Tempo Institute juga memberikan materi tentang teknik penulisan. Ia mengatakan teknik penulisan sangat bermanfaat untuk kehumasan guna menghasilkan naskah/press release yang diperlukan untuk kepentingan perusahaan. Naskah tersebut nantinya akan disampaikan kepada wartawan atau media untuk dipublikasikan. “Untuk menghasilkan naskah yang baik, humas harus memiliki keterampilan jurnalistik diantaranya pemahaman tentang nilai berita (news values) dan bahasa jurnalistik (language of mass communication),” imbuhnya. Apresiasi diberikanguna mendorong semangat para humas agar semakin kreatif dalam menyampaikan informasi kepelabuhanan kepada masyarakat,” tutur Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto. Selain berdiskusi tentang branding, komunikasi dan teknik penulisan, pada (Rabu, 31/8) para humas Pelindo III juga akan melakukan port visit dan media visit ke sejumlah redaksi media massa di Banjarmasin. “Media massa berperan penting dalam bekerjasama dengan Pelindo III untuk menyampaikan informasi tentang perkembangan kepelabuhanan Indonesia. Peningkatan kinerja logistik Indonesia penting untuk dipublikasikan sehingga dapat menciptakan iklim bisnis yang positif bagi negeri,”pungkas Edi. rel/afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin