2016, BPS Gelar Sensus Ekonomi



2016, BPS Gelar Sensus Ekonomi

Banjarmasin, BARITO
Guna mendukung pemberlakuan sejumlah kebijakan pemerintah di bidang ekonomi, Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa tengah mempersiapkan pelaksanaan sensus di seluruh sektor perekonomian pada 2016 mendatang.
Sensus Ekonomi merupakan kegiatan statistik dasar yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), selain Sensus Penduduk dan Sensus Pertanian, yang telah diamanatkan Undang Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Dalam sensus ini, nantinya akan dikumpulkan sejumlah data dari para pelaku usaha, di antaranya data mengenai nama perusahaan/usaha, alamat perusahaan/usaha, kegiatan utama perusahaan/usaha, status badan usaha, tahun mulai beroperasi secara komersil, jaringan perusahaan/usaha, identifikasi usaha e-commerce serta omzet dan biaya usaha selama satu tahun.
Kabid Statistik Distribusi BPS Kalsel, Arih dwi prasetyo menjelaskan sensus ekonomi digelar setiap sepuluh tahun sekali pada tahun ke-6 dengan sekarang mejalani periode yang ke-4 .
“Fokus tujuan sensus ini mampu memberikan informasi yang berguna bagi pengusaha, akademisi maupun pemerintah itu sendiri dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN sekarang,”terangnya, Selasa (1/12).
Oleh karenanya BPS Provinsi Kalsel mengajak seluruh lapisan terkait agar memberikan data yang sinkron dan akurat untuk menjadi rujukan semua pihak.
“Kami berharap perusahaan atau pelaku usaha dapat mengisi data dengan lengkap, guna suksesnya pelaksanaan Sensus Ekonomi ini, serta tidak perlu khawatir dan takut dalam mengisi data karena keterangan yang diberikan bersifat rahasia dan dilindungi undang-undang,” ujar dwi.ran/afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin