Bank Kalsel Luncurkan Aktivasi Tabungan SimPel



Bank Kalsel Luncurkan Aktivasi Tabungan SimPel

Banjarmasin, BARITO
Dalam rangka upaya pengembangan produk yang dapat memperluas akses keuangan, sekaligus mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan, Bank Kalsel bersama perbankan Kalsel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) provinsi Kalsel dan Pemerintah Provinsi Kalsel, melakukan aktivasi Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan SimPel iB Syariah, yang dalam semennya diperuntukan kepada siswa warga negara Indonesia berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

Aktivasi Tabungan SimPel dan SimPel iB diselenggarakan di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Senin (9/11), dengan dihadiri oleh Penjabat Gubernur Kalsel, Ir Tarmizi Abdul Karim, Kepala Kantor OJK Provinsi Kalsel, Ahimsa, Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro, Direktur Utama Bank Kalsel, H Juni Rifat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan para pemimpin perbankan se-Kalsel serta para kepala sekolah beserta siswa.
Direktur Utama Bank Kalsel, H Juni Rifat, mengatakan, tabungan SimPel dan SimPel iB adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.
"Pengembangan produk tabungan Simpel sejalan dengan program pemerintah sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pengembangan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019."ujar Juni kepada wartawan disela acara penandatanganan kerjasama antar Bank Kalsel dengan sekolah-sekolah sebagai landasan pelaksanaanTabungan SimPel, di Mahligai Pancasila.
Penjabat Gubernur Kalsel, Ir Tarmizi Abdul Karim, dalam sambutannya mengharapkan agar Bank Kalsel sebagai Bank Daerah Kalsel lebih aktif untuk mendorong aktivasi, sosialisasi, dan pengaplikasian SimPel di Provinis Kalsel.Hal ini menegaskan peran Bank Kalsel sebagia motor penggerak gerakan SimPel di Kalsel.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Child and Youth Finance Internasional (2013), orang dewasa yang telah menerima edukasi keuangan sejak dini akan lebih baik dalam melakukan pengelolaan keuangan dibandingkan orang dewasa yang tidak mendapatkan edukasi keungan sejak dini.
" Dengan menggunakan tabungan SimPel sebagai sarana menabung, diharapkan terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman pelajar, orang tua, maupun komunikasi sekolah mengenai layanan keuangan khususnya tabungan,"ujar Tarmizi.
Aktivasi tabungan SimPel juga mendukung inisiatif OJK di bidang literasi keuangan yang mengenakan dan mengajarkan materi mengenai OJK serta industri jasa keuangan kepada pelajar SMA, SMP dan selanjutnya akan dilakukan kepada pelajar SD. Dengan demikian pelajar dapat langsung praktik menabung di bank.
Tarmizi, menjelaskan syarat dan ketentuan umum tabungan SimPel dan SimPel iB antaralain yakni tabungan perorangan untuk siswa warga negara Indonesia, diperuntukan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI,MTs,MA) atau sederajat yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
Ditambah lagi, pembukaan rekening dilakukan melalui kerjasama antara sekolah dengan bank, sekolah dapat bekerjasama dengan lebih dari 1 bank, seorang siswa hanya diperkenankan memiliki 1 rekening SimPel atau SimPel iB di 1 bank yang sama, serta tidak diperkenankan untuk rekening bersama.
Target penghimpunan produk tab ungan Simpel Bank Kalsel hingga akhir tahun 2015 adalah sebesar Rp 5000 rekening siswa yang tersebar di seluruh Cabang Bank Kalsel.
Sedangkan target untuk tahun 2016, Bank Kalsel optimis dapat mencapai sebanyak 15.500 rekening.Pencapaian target akan dilakukan dengan pelaksanaan kegiatan literasi keuangan di sekolah-sekolah, menumbuhkan budaya menabung di masyarakat, serta melakukan pengenalan secara komprehensif mengenai tabungan SimPel dan SimPel iB.
Bank Kalsel, Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, Permata Bank, Bank Panin, Bank Bjb, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Bank Kesejahteraan, Bank BNI Syariah, BRI Syariah, BTN Syariah, Bank Kalsel Syariah. afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin