Pelindo III Datangkan 4 Container Crane



Pelindo Datangkan 4 Container Crane

Banjarmasin, BARITO
Pelindo III pada Kamis, 19 November 2015 menerima kedatangan 4 buah Container Crane (CC) baru di Pelabuhan Tisakti Banjarmasin. Empat buah CC tipe ship to shore crane tersebut merupakan CC baru yang didatangkan langsung dari Dalian,China. Keempat CC baru tersebut rencananya akan menjadi CC 5,6,7 dan 8 yang menjadi kekuatan baru fasilitas layanan Pelindo III di Terminal Petikemas Banjarmasin.

Dikarenakan bentang CC yang dibawa TB Hai Gang Te 001 mencapai 92 meter, maka Pelindo III Banjarmasin berkoordinasi dengan KSOP Banjarmasin melakukan penutupan alur pelayaran di Banjarmasin. “Penutupan alur dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat bentang alat yang datang ini mencapai 92 meter, maka kita terpaksa melakukan penutupan alur. Karena lebar alur Barito bervariasi bahkan ada yang kurang dari 100 meter” ungkap General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana.
Proses bongkar alat CC tersebut yang biasa disebut Roll-Off memakan waktu sekitar beberapa hari. Untuk proses commissioning atau percobaan memakan waktu sekitar 1,5 bulan. “Untuk kegiatan bongkar muat kapal petikemas memang akan sedikit terganggu dikarenakan proses roll-off dan commisioning CC baru ini. Selama kurang lebih 1,5 bulan dermaga petikemas tidak seluruhnya bisa dipakai untuk kapal petikemas bersandar dan melakukan kegiatan bongkar muat. CC baru ini diharapkan beroperasi penuh pada awal tahun 2016. “ ujar Manajer Terminal Petikemas Banjarmasin Hermani Gunawan.
Hengki mengatakan bahwa kedatangan empat buah CC senilai Rp340 miliar tersebut merupakan investasi yang sudah direncanakan tahun lalu. Dengan CC baru ini diharapkan dapat mengingkatkan kinerja bongkar muat petikemas. “Kita harapkan kecepatan bongkar muat  petikemas dapat meningkat hingga 35 box/crane/hour. Dengan adanya CC baru ini, kapasitas bongkar muat di Terminal Petikemas Banjarmasin menjadi meningkat sampai 150%-170%. Kapasitas ini diperkirakan cukup untuk mengantisipasi kenaikan kenaikan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan  5-6 tahun k edepan,” katanya.
Ditambahkan Hengki dengan tingkat kesiapan pelabuhan dalam menampung peningkatan arus barang sampai beberapa kedepan menunjukkan komitmen Pelindo III dalam mendukung segala bentuk program pembangunan pemerintah di Kalimantan Selatan seperti rencana jalur kereta api Trans Kalimantan, jalan tol dan pembangunan jembatan terpanjang se Indonesia yang menghubungkan Batulicin dan Kotabaru. afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin