Kadin Minta Pengusaha Lokal Mampu Bersaing



Kadin Minta Pengusaha Lokal Mampu Bersaing

Banjarmasin, BARITO
Diperkirakan sektor ekonomi semakin membaik tahun 2016 ini, sebab itu harus terjalin komunikasi kalangan pengusaha. "Sektor Industri di Kalsel tahun 2016 akan semakin bangkit, dan pemerintah serta perbankan harus membantu agar dunia semakin baik," kata Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Banjarmasin Gusti Surya Dharma, Minggu (10/1).
Terkait investasi di Kalsel dipastikan pertengahan 2016, termasuk persaingan di MEA untuk pengusaha lokal. "Jadi pengusaha lokal saya kita bisa bersaing optimal di daerah sendiri," tuturnya.
Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) produk-produk Indonesia terutama makanan dan minuman olahan harus siap bersaing di dalam negeri.


Dengan pangsa pasar yang besar, seharusnya produk Indonesia bisa menjadi raja di negeri sendiri.

"Produk luar yang akan masuk tentu mempelajari dulu konsumen di Indonesia, oleh karena itu kita harus lebih mengutamakan daerah-daerah untuk menjadi acuan," ujar pria akrab dipanggil Yaya ini.

Dia mengatakan, industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor yang menjadi unggulan dalam menghadapi MEA. Namun, industri ini justru harus melewati tantangan dan persaingan berat dari negara lain di ASEAN..

"Sebetulnya kita sudah siap untuk bersaing namun sekarang persaingannya semakin meluas ke sektor tenaga kerja, sehingga ini yang menjadi tantangan" tandasnya. afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin