Kebijakan Pemerintah, Bikin Pengiriman Logistik via DLU Meningkat Stabil



Kebijakan Pemerintah, Bikin Pengiriman Logistik via DLU Banjarmasin Meningkat Stabil

Banjarmasin, BARITO
Lonjakan pengiriman logisitik dari Surabaya ke Banjarmasin stabil pada Januari 2016 ini. Bahkan  rata-rata terjadi muatan 6-7 truk perhari, dan trend sekarang ini berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan. "Distribusi logistik dari Surabaya ke Banjarmasin sangat baik dan meningkat stabil, jika dibanding tahun lalu yang turun," tutur Kepala Cabang Banjarmasin PT Dharma Lautan Utama (DLU) Anton Wahyudi, Selasa (26/1).
Alasannya, kebijakan pemerintah dengan mengedepankan proses lelang selesai Januari 2016, sehingga sejumlah logistik milik pemerintah banyak dikirim ke Kalimantan Selatan. "Kalau lelang selesai, tentu pemenang atau kontraktor membawa material mereka melalui DLU," ucap pria enerjik ini.
Barang logistik seperti besi konstruksi, material dan sayur mayur serta lainnya. "Tetapi jika pengiriman dari Banjarmasin ke Surbaya justru mengalami penurunan sampai 20 persen," tandas Anton.
Terkait kondisi BBM, dia mengakui penurunan BBM fluktuatif, komponen BBM memakan 15 persen dari biaya operasional. "Sekali berangkat kapal milik Dharma Lautan Utama (DLU) membutuhkan 13 ton solar ke Surabaya atau sebaliknya," katanya.
Tentu, sambung Anton, pihaknya masih menunggu dalam setiap usulan penurunan harga tiket. "Ya, harga BBM turun naik, maka hasil rapat koordinasi DLU pun masih mempertimbangkan usulan penurunan harga tiket itu," beber Anton.
Dia mengungkapkan, kenaikkan atau penurunan harga BBM membuat adanya tindakan lanjutan dari perusahaan untuk penyesuaian harga tiket.  Sebab bagaimanapun kebutuhan BBM sangat vital di dunia pelayaran.
Selain dua kapal yang biasanya dioperasikan di waktu normal, yakni KM Kumala dan KM Satya Kencana 3 rute Banjarmasin-Surabaya dan sebaliknya, PT DLU dapat juga menambah KM Dharma Kencana untuk mengatasi jika terjadi lonjakan angkutan.  Soal kenaikkan kurs dollar, Anton mengaku belum merasakan dampaknya karena kenaikkan kurs dollar terjadi, terkadang bisa menurun juga, sehingga terlihat masih berfluktuasi. afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin