BPJS Ketenagakerjaan Tawarkan Benefit Lebih

Banjarmasin, BARITO
Para tenaga kerja di Indonesia semakin mendapatkan perlindungan jaminan sosial dengan era baru jaminan sosial ketenagakerjaan.
Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, per 1 Juli 2015 BPJS Ketenagakerjaan resmi beroperasi Junaedi mengungkapkan,  ada 4 program yang diselenggarakan yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun.
"Banyak benefit yang didapatkan peserta BPJS Ketenagakerjaan, seperti tindakan medis akibat kecelakaan kerja ditanggung sepenuhnya sampai sembuh  oleh BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya kepada wartawan, didampingi Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Apdywar Anwar, dan Kacab BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalsel Ramadhan Sayo, serta Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenaga Kerjaan Abdul Cholik Selasa (1/9) kemarin.
Benefit lainnya adalah biaya angkutan darat, laut dan udara, biaya pemakaman serta pemberian beasiswa pendidikan bagi peserta yang meninggal dunia, cacat total tetap karena kecelakaan kerja ditanggung BPJS ketenagakerjaan.
"Kami juga memberikan pelatihan khusus bagi pekerja yang mengalami cacat permanen, sehingga mereka tetap bisa kembali bekerja melalui manfaat jaminan kecelakaan kerja-return to work (JKK-RTW)," tambah Junaidi.
Sementara itu, sosialisasi era baru jaminan ketenaga kerjaan yang digelar di 11 kota di Indonesia, termasuk di Banjarmasin, dibarengi dengan BPJS ketenagakerjaan fair. Sosialisasi dan BPJS ketenagakerjaan fair  di Banjarmasin   digelar di Golden Tulip Banjarmasin, kemarin.
Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat umum dan peserta mengenai BPJS ketenagakerjaan,termasuk keuntungan yang didapat bagi tenaga kerja yang menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan.
Junaidi memastikan BPJS Ketenagakerjaan akan melaksanakan kegiatan sosialisasi era baru jaminan sosial ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan Fair di 11 kantor wilayah. "Kalimanan ikut pensiun 659 perusahaan," tambah Apdywar Anwar.
Penambahan kepesertaan yang dicapai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin mencapai 572 perusahaan pada semester I tahun 2015. "Sektor konstruksi terealisasi sebesar 63,45 persen dari RKAT 2015. Sektor penerimaan iuran terealisasi mencapai Rp309,5 miliar pada bulan Juli 2015," tandasnya. afdi/brt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin