Kelurahan Seberang Masjid Dapat Hibah Tripikon



Tripikon Jadi Percontohan Seberang Masjid

Banjarmasin, BARITO
Kelurahan Seberang Masjid mendapat percontohan 14 titik Tripikon alias pembuatan septitank (tempat limbah)
RW 1 RT 1-7 dan RT 9 yang akan dialokasikan untuk Tripikon, dana bantuan hibah tahun 2015 dari Dinas Sumber Daya Air Kota Banjarmasin. "Kami ingin keberadaan Tripikon menjadi percontohan pertama kali di wilayah Banjarmasin Tengah," beber Lurah Seberang Masjid Hendra, Senin (12/10).

Dia memastikan tripikon dengan 14 rumah tangga ditepi sungai, sebab pemakaian setiap hari hanya terbatas untuk tujuh orang. "Tripikon untuk menghindari pencemaran limbah air di sungai," tutur lulusan magister administrasi ini.
Hendra berkeinginan, dengan hanya 14 titik, maka dapat dibagi setiap RT hanya mendapat 2 tempat tripikon. "Ya, kita atur, agar dapat tripikon sesuai dengan harapan kita bersama," tandasnya.
Tripikon produk jamban sehat untuk wilayah perairan. "Tripikon merupakan jamban yang dimodifikasi khusus bagi penduduk yang tinggal dibantaran sungai. Kepala Keluarga mendapatkan Tripikon gratis dari Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Sungai dan Drainase," katanya.
Nantinya produk ini, lanjut Hendra, akan dapat menjadi pemicu bagi masyarakat yang tinggal dipinggir sungai untuk memiliki jamban sehat dan masyarakat tidak lagi BAB sembarangan. afd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumnus SHD dan SPP Gelar Reuni di Banjarmasin

Harga Promo Sepuasnya, Samosir Karaoke Dilaunching di Banjarmasin